Monday 14 October 2013

Batik Jonegoroan



Kali ini kita akan mengenal Batik Jonegoroan. Siapa yang tidak mengenal batik ini? Batik ini sangat populer pada saat ini. Pada setiap motif batik mengandung arti, yaitu potensi-potensi dari Kota Bojonegoro itu sendiri, apa saja sih batiknya? Ini dia.....


1. Gatra Rinonce


motif ini banyak diminati, yang merupakan perpaduan RIG (alat pengambil menyak) dan gas bumi mencitrakan Bojonegoro sebagai daerah Blok cepu dengan cuku cadang minyak yang masih melimpah.





2. Jagung Miji Emas


Untuk harapan kedepan, jagung diharapakan bisa menjadi komuditas unggulan dengan hasil panen yang melimpah. Maka, lahirlah motif batik ini .








3. Mliwis Mukti 



Motif ini adalah motif yang digambarkan sebagai burung belibis jelmaan Prabu Angling Dharma.









4. Parang Dahana Munggal


Motif ini menggambarkan bahwa Bojonegoro memiliki obyek wisata Khayanagn Api sebauh sumber api abadi terbesar di Asia Tenggara. 








5.Parang Lembu Sekar Rinambat



Motif  barisan sapi yang ditambatkan membentuk barisan yang indah dalam motif kain bathik khas Jonegoroan.













6. Pari Sumilak

Motif bathik dengan bentuk tanaman padi yang siap untuk dipanen. Motif ini memiliki makna supaya Bojonegoro diharapkan menjadi lumbung pangan masyarakat.








7. Rancak Tengul


Motif yang bergambar Wayang Thengul sebagai kesenian tradisional di Bojonegoro.















8. Sata Ganda Wangi

Motif ini mengingatkan Bojoengoro sebagai penghasil tembakau terbaik, sebab pada motif ini digambarkan daun tembakau yang tertata rapi.










9. Sekar Jati


Motif akar, pohon dan daun jati, sebuah pemaknaan bahwa Bojonegoro yang pernah jaya dan terkenal dengan kayu jati berkualtas impor sejak jaman penjajahan Belanda.












Selain itu ada juga batik Jonegoroan yang terbaru lho, diantaranya :

 1. Sekar Rosela

Motif ini menggambarkan keindahan dan kegunaan bunga rosella, sebab, selain bunga rosela memang indah, bunga rosela juga memiliki banyak kegunaan.











2. Woh Roning Pisang
 Motif ini menggambarkan bahwa pisang merupakan keunggulan kota Bojonegoro, yaitu pada pisang ledrenya yang sangat terkenal.


















3. Surya Salak Kartika

Motif salak meunjukkan bahwa potensi salak wedi di Bojonegoro sudah sangat dikenal oleh seluruh masyarakat, terutama manis dari salak wedi tersebut.












4. Pelem Pelem Suminar



Motif mangga dalam batik ini menunjukkan bahwa di Bojonegoro juga mengenalkan mangga untuk dijadikan potensi daerah.













5. Belimbing Lining Limo

Motif Belimbing ini menerangkan bahwa Buah Belimbing Ringinrejo yang berbentuk segi lima ini patut untuk menjadi ikon dan potensi dari kota Bojonegoro ini.





0 comments: